Tahukah Anda (mata adalah jendela hati)


Tahukah anda perawatan mata yang benar dapat membuat seseorang tampak menarik, karena matalah yang membuat penampilan seseorang terlihat lebih bergairah. Indikasi perasaan seseorang dan kondisinya dapat dilihat dari mata, apakah dia sedang senang, sedih, sehat, sakit dan sebagainya. Mata adalah salah satu bagian yang sangat unik dan mampu “mewakili” diri kita. Semua yang ada ditubuh kita ini sangatlah penting, termasuk mata, untuk itu perlu kiranya kita tahu bagaimana cara merawat mata agar tetap sehat , segar dan bersih.Makanya merawat mata yang baik dan benar harus jadi prioritas.

MATA bagi tiap orang punya peranan penting. Selain sebagai indera penglihatan, mata juga dapat mempengaruhi kesan wajah dan penampilan secara keseluruhan.

Misalnya:

*      Mata merah membuat penampilan seperti orang sakit.
*      Lingkaran hitam di bawah mata, membuat wajah tampak tua

Ada beberapa tanda yang membuat mata kurang bersinar,

v  Kantong di bawah mata,lingkaran hitam di bawah mata dan kerutan.

Agar mata selalu sehat, indah dan tidak berkerut sebelum waktunya, tak ada jalan lain kecuali merawatnya secara teratur dan sejak dini dengan cara pelembaban. Kulit seputar mata sebaiknya diberi pelembab yang mengandung bahan-bahan yang dapat mengurangi penguapan air yang berlebihan dari kulit, misalnya yang mengandung asam hialuronat atau kolagen.

Untuk mata letih karena Anda terlalu lelah bekerja, ambil sebongkah kecil es, lalu usapkan pada sekeliling mata. Cara ini akan mengembalikan kelancaran peredaran darah dan menyegarkan mata.

Pemijatan, beberapa ahli kecantikan menganjurkan untuk melakukan senam khusus otot di sekitar mata yang berguna untuk merangsang aliran cairan getah bening di seputar mata. Caranya, dengan jari tengah lakukan pengurutan dari bagian tengah kelopak mata ke arah luar, kemudian bergerak ke sudut mata bagian dalam. Lakukan pengurutan serupa untuk kelopak mata bagian bawah. Terakhir, urut pangkal hidung dari atas ke bawah. Lakukan sebanyak 5 kali.

Selain melakukan perawatan dari luar, perawatan dari dalam pun perlu dilakukan. Vitamin C dosis tinggi sangat baik untuk mata karena akan membantu pembentukan kolagen yang merupakan bahan untuk mengurangi proses pigmentasi di sekeliling mata. Begitu juga dengan Vitamin A yang berguna untuk mempertajam mata.

Agar kulit seputar mata tak cepat berkerut dan bayangan hitam tak selalu muncul, perlu dilakukkan perawatan khusus baik itu dengan perawatan alami ataupun modern.

Ada beberapa kelompok masalah di seputar mata:

*      Hitam di bawah mata.
Bila Anda kekurangan darah atau kurang tidur, maka wajah tampak pucat dan muncul lingkaran gelap di sekeliling mata. Faktor keturunan juga dapat menyebabkan timbulnya lingkaran hitam. Kerutan di sekitar mata. Kerutan ini umumnya muncul di usia 30-an, yang bermula dari kerutan halus menyerupai cakar ayam. Masalah ini disebabkan karena otot mata bekerja terlalu aktif, bergerak lebih dari 10 ribu kali (misalnya mengerjap-ngerjap, melirik, melotot, dan sebagainya).

jenisnya ada beberapa macam:
1.       Lingkaran hitam yang muncul karena keturunan (genetis).
Lingkaran hitam akan lebih terlihat pada saat orang tersebut makin berumur dan elastisitas kulitnya menurun.
2.       Lingkaran mata nongenetis.
Lingkaran hitam di bawah mata yang lain dapat terlihat bila seseorang sedang tidak enak badan, kurang tidur, terkena polusi, asap rokok, debu dan sedang mengalami stres.
Mengapa lingkaran hitam (non-genetis) bisa terjadi? Ketika kulit di sekitar mata terkena polusi, asap dan debu, maka pembuluh darah akan membesar, tubuh akan mengeluarkan zat kimia dan disalurkan oleh darah melalui pembuluh darah tersebut untuk mengurangi dampak negatif polusi. Pada saat darah mengalir ke pembuluh darah yang besar ini, maka daerah kulit mata tersebut menjadi berubah warna agak gelap dan kulit di sekitarnya cenderung menebal.


*      Kantung mata.
disebabkan karena sistem pembuangan cairan tubuh (limphatic drainage) kurang lancar. Penyebab lainnya bisa juga pada bagian dala           m kulit di bawah mata tumbuh lemak yang berlebihan sehingga terlihat agak membengkak, yang kita sebut kantung mata. Mata yg berkantong dan seperti membengkak disebabkan oleh mengendurnya kulit bagian bawah mata dan timbulnya penumpukan lemak di bawah kulit, walaupun tidak menutup kemungkinan timbul pada usia yang lebih muda.


*      Kerut halus.
disebabkan karena dehidrasi kulit, penuaan dini dan penuaan biologis. Kerut dalam di pinggir mata (crow's feet) disebabkan penuaan dini akibat terkena sinar matahari yang merusak jaringan kolagen dan elastin serta otot muka.

Tips  mencegah dan mengatasi masalah mengenai mata adalah lakukan perawatan dari luar dan dari dalam:

1.       Gunakan cream Mata.
Bioclinic Circulation Eye Power Accelerator Day/Night (23381) Rp.152.300/24Bp


                                Mengapa?
Krim mata yang bekerja membantu menyamarkan lingkaran gelap di bawah mata. Centella membantu mikrosirkulasi dan menjaga daerah di bawah mata agar tidak lebih menggelap. Teknologi MicroBright™ membantu menyamarkan diskolorasi, membantu mikrosirkulasi, sehingga kulit tampak segar dan mata terlihat lebih muda.

Pegagan (Centella asiatica) adalah tanaman liar yang banyak tumbuh diperkebunan, ladang, tepi jalan, serta pematang sawah. Tanaman ini berasal dari daerah Asia tropik, tersebar di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, India, Republik Rakyat Tiongkok, Jepang dan Australia kemudian menyebar ke berbagai negara-negara lain. Nama yang biasa dikenal untuk tanaman ini selain pegagan adalahdaun kaki kuda dan antanan.


Sejak zaman dahulu, pegagan telah digunakan untuk obat kulit, gangguan sarafdan memperbaiki peredaran darah.
Pegagan yang simplisianya dikenal dengan sebutan Centella Herba memiliki kandungan asiaticoside, thankuniside, isothankuniside, madecassoside, brahmoside, brahmic acid, brahminoside, madasiatic acid, meso-inositol, centelloside, carotenoids, hydrocotylin, vellarine, tanin serta garam mineral seperti kalium, natrium, magnesium, kalsium dan besi. Diduga glikosida triterpenoidayang disebut asiaticoside merupakan antilepra dan penyembuh luka yang sangat luar biasa. Zat vellarine yang ada memberikan rasa pahit.
Sedangkan sifat dan manfaat Pegagan berasa manis, bersifat mendinginkan, memiliki fungsi membersihkan darah, melancarkan peredaran darah, peluruh kencing (diuretika), penurun panas (antipiretika), menghentikan pendarahan (haemostatika), meningkatkan syaraf memori, anti bakteri, tonik, antispasma, antiinflamasi, hipotensif, insektisida, antialergi dan stimulan. Saponin yang ada menghambat produksi jaringan bekas luka yang berlebihan (menghambat terjadinya keloid).
Manfaat pegagan lainnya yaitu meningkatkan sirkulasi darah pada lengan dan kaki; mencegah varises dan salah urat; meningkatkan daya ingat, mental, dan stamina tubuh; serta menurunkan gejala stres dan depresi. Pegagan pada penelitian di RSU Dr. Soetomo Surabaya dapat dipakai untuk menurunkan tekanan darah, penurunan tidak drastis, jadi cocok untuk penderita usia lanjut.
Kebanyakan pegagan dikonsumsi segar untuk lalapan, tetapi ada yang dikeringkan untuk dijadikan teh, diambil ekstraknya untuk dibuat kapsul atau diolah menjadi krem, salep, obat jerawat, maupun body lotion.
            Bagaimana?
Dengan membagi empat titik dibawah mata, setelah itu Mengingat area mata sangat sensitif, cukup lakukan gerakan menepuk-nepuk perlahan dengan menggunakan jari saat mengaplikasikan eye cream ke mata.
2.       Konsumsi Nutrishake.
Nutrishake Strawberry (22796) Rp. 376.200,-/ 59 B

Mengapa?
·         Nutrisi lengkap di dalam nutrishake bisa memenuhi kebutuhan tubuh

Kalau biasanya kita hanya melakukan perawatan kulit hanya dari luarnya saja,sekarang mulailah merawatnya dari dalam dengan cara mengkonsumsi bahan makanan yang mengandung vitamin.
Salah satu penyebab munculnya masalah pada area sekitar mata adalah karena nutrisi yang di butuhkan oleh tubuh termasuk area sekitar mata tidak terpenuhi sehingga tubuh tidak mampu melindungi diri dari luar dan dari dalam,minumlah nutrishake karena mengandung sumber vitamin yang di butuhkan kulit.(Vit.A,C dan E sumber susu,telur,kacang-kacangan).
Vitamin A:
  • Membantu mengendalikan produksi minyak kulit wajah (sebum).
  • Mengurangi kerut halus karena mengandung antioksidan yang dapat melawan radikal bebas (sinar ultraviolet, polusi, stress yang dialami kulit).
  • Menguatkan jaringan kulit dan cegah jerawat.
Vitamin C:
  • Mencegah penuaan dini pada kulit.
  • Anti bakteri terbaik untuk melawan jerawat.
  • Sebagai antioksidan yang berfungsi menangkap zat-zat radikal bebas yang dapat merusak kulit (sinar ultraviolet, polusi, dan stres yang dialami kulit).
  • Melindungi sel-sel kulit dan tubuh.
  • Membantu pembentukan jaringan kolagen (jaringan yang membuat kulit elastis).
Vitamin E:
  • Memperkuat sel jaringan kulit.
  • Mengurangi infeksi dan peradangan yang terjadi pada kulit.
  • Menghilangkan kusam dan kekeringan.
Semoga bermanfaat.

Salam sukses

Emailorimedan

You Might Also Like

0 comments