Foundation & SPF

Foundation atau alas bedak itu fungsinya sebenarnya untuk meratakan warna kulit wajah (akan berguna banget kalo di wajahmu banyak noda bekas jerawat), dan menghindari kilap wajah. Foundation nggak berfungsi untuk melindungi kulit dari matahari ...

Walaupun ada beberapa foundation yang mengandung SPF (faktor pelindung kulit dr sinar matahari), tapi bukan itu fungsi utamanya :)


Sedangkan munculnya
jerawat kecil-kecil di wajah bisa disebabkan oleh beberapa hal, antara lain : wajah yang kurang bersih saat menggunakan foundation, tidak rajin/kurang bersih menghilangkan foundation setelah selesai penggunaan, foundation yang nggak cocok di kulit kamu, atau aktivitasmu yang terlalu berat/banyak. Aktivitas yang terlalu banyak ini bisa memicu keringat & minyak di wajah, dan di saat wajahmu menggunakan foundation, pori-pori menjadi tersumbat, sehingga kotoran & minyak terperangkap dan menyebabkan jerawat.. :)

Kebiasaan kamu menggunakan bedak nggak berpengaruh terhadap ketahanan kulit terhadap foundation kok, dear ;) Tapi kalau kulit kamu termasuk yang berminyak, sebaiknya kurangi penggunaan foundation terlalu sering, karena tekstur foundation kan lebih pekat daripada bedak, sehingga lebih menyumbat pori-pori dan bisa menimbulkan jerawat.


Kalau kulitmu tergolong sangat sensitif terhadap sinar matahari seperti itu, coba deh gunakan produk dengan tingkat SPF yang lebih tinggi.

Karena, tingkat SPF itu menunjukkan lama ketahanan kulitmu terhadap terpaan sinar matahari. Jika kulit normalmu (tanpa sunscreen) misalnya hanya tahan panas 5 menit sebelum terbakar oleh sinar matahari, tandanya kalau kamu menggunakan sunscreen dengan tingkat SPF 15 = 5 menit x 15 = 75. Artinya, dengan sunscreen yang ber-SPF 15, kulitmu akan tahan terhadap terpaan sinar matahari selama 75 menit. Setelah 75 menit tersebut, kamu harus re-apply atau menggunakan sunscreen kembali untuk mencegah kulitmu dari terbakar oleh sinar matahari.

Jadi, selain menggunakan produk dengan SPF yang lebih tinggi, jangan lupa untuk rajin re-apply atau menggunakan kembali sun screen setelah jangka waktu yang berlaku untuk kulitmu :)


Jangan lupa mampir di sini  

#daretobe

You Might Also Like

2 comments