Istilah Parfum

Pada botol parfum sering tercantum label 'perfume', 'eau de parfum', 'eau de toillette' atau 'body splash'. Mungkin banyak dari Anda masih bingung, kandungan apakah itu dan berpengaruhkah pada ketahanan aroma parfum?

Label-label tersebut ternyata berhubungan dengan kadar konsentrat parfum. Semakin tinggi tingkat konsentratnya, maka semakin lama pula wewangian tersebut bertahan dan tentunya, semakin mahal harganya.

Perfume
Dilansir dari Yahoo Amerika, dari semua jenis wewangian, label 'perfume' adalah jenis yang paling bagus dan mahal diantara semua produk wewangian lain. 'Perfume' juga dikenal dengan 'exctract' atau 'extrait perfume', yang mengandung 15 sampai 40% konsentrat.
 
Anda tidak perlu terlalu banyak menggunakan parfum jenis 'perfume' karena jenis wewangian tersebut wanginya sudah bisa tercium dari jarak yang cukup jauh dan awet sekitar 6 - 8 jam.

Jangan menyemprotkan parfum berlabel 'perfume' ke baju karena teksturnya yang berminyak dapat meninggalkan noda. Cukup oleskan di nadi tangan dan belakang telinga.


Eau De Parfum
Jenis wewangian lainnya adalah parfum yang berlabel 'eau de parfum'. Mengandung 7 sampai 15% konsentrat, sehingga dapat bertahan cukup lama, sampai setengah hari, dengan harga yang masih dibawah perfume.

Eau De Toillette
Label parfum lainnya adalah 'eau de toillette'. Wewangian ini satu tingkat lebih tinggi di atas body splash dan satu tingkat di bawah '
eau de parfum'. Kadar konsentratnya sekitar 1 sampai 6%. Beraroma lebih ringan dan bertahan sekitar 2 - 4 jam. Tapi, harganya lebih terjangkau bila dibandingkan 'perfume' atau pun 'eau de parfum' sehingga sangat cocok untuk digunakan saat momen-momen santai, seperti pergi bersama teman.

Eau De Cologne
'Eau de cologne' sering disamakan dengan 'eau de toilette' Namun sebenarnya merupakan produk yang berbeda. Produk ini awalnya adalah kombinasi antara wewangian dengan citrus oil, yang dulunya digunakan oleh Napoleon. Versi modern dari 'eau de cologne' ini, kini dikenal dengan 'eau fraiche'. Eau De Cologne cocok digunakan di bagian tubuh, untuk menyegarkan dan memberikan aroma harum setelah mandi.

Body Splash
Body Splash memiliki kadar konsentrat terendah di antara parfum lainnya. Wanginya tidak bertahan lama dan cepat menguap, karena kadar alkoholnya yang tinggi. Harganya pun paling terjangkau di antara produk lainnya. Sama seperti eau de cologne, body splash lebih cocok dipakai untuk mengharumkan tubuh.

Semua produk wewangian ini mengandung alkohol. Jadi, semakin tinggi konsentrat parfum semakin sedikit kadar alkoholnya. Karena sifat alkohol yang menguap, fungsi alkohol disini untuk membantu menyebarkan aroma parfum agar tercium oleh orang-orang di sekitar Anda.

Selain itu, walaupun kadar konsentrat parfum mempengaruhi berapa lama wewangian dapat bertahan pada tubuh Anda, namun kondisi kulit sebenarnya memiliki peran yang tak kalah penting. Misalnya, mereka yang memiliki kulit kering, wangi parfum akan lebih cepat berkurang dibanding mereka yang memiliki kondisi kulit berminyak. Kadar PH (tingkat keasaman) seseorang, juga akan mempengaruhi interaksi antara kulit dan parfum.

Sumber Wolipio.com 9/5/2012

You Might Also Like

2 comments