Know Your Skin

Semakin maraknya produk kecantikan dan perawatan kulit wajah yang beredar di masyarakat saat ini, mengharuskan kita untuk lebih teliti dalam memilih. Tidak semua yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan jenis kulit kita. Ada baiknya sebelum memilih kosmetik dan perawatan untuk kulit, Anda mengenali terlebih dahulu jenis kulit Anda.

Berikut akan dijelaskan mengenai jenis - jenis kulit wajah :

1. Kulit Normal

Ditandai dgn : permukaan yang lembut, kenyal, dan ukuran pori-pori yang relatif kecil, tingkat elastisitas yang bagus, lembut, dan padat bila disentuh.
Orang yang berkulit normal juga tidak terlalu sulit untuk melakukan perawatan

2.Kulit Berminyak

Ditandai dgn : kulit wajah tampak berkilap, kulit berlapisan tebal, dan memiliki pori-pori yang cenderung besar serta terlihat jelas. Mudah timbul jerawat dan komedo.


Perawatan bagi kulit berminyak ini memang relatif lebih sulit dibanding dengan kulit normal. Disarankan pembersihan dilakukan dengan menggunakan foaming cleanser atau sabun khusus wajah yang mengandung bahan aktif mengurangi minyak berlebih pada wajah.

3.Kulit Kering

Ditandai dgn : kulit Anda terasa mengeripik atau terasa ketat di wajah, pori - pori kecil, kandungan minyak dan air pada kulit wajah sedikit, mudah timbul kerutan.

Jika Anda berganti sabun, itu juga merupakan faktor lain penyebab kulit Anda menjadi kering. Sabun, pada umumnya bila digunakan untuk kulit normal akan memberikan dampak kulit menjadi kering. Baiknya menggunakan sabun yang pH – balanced (sesuai dengan derajat keasaman kulit) sehingga tidak menyebabkan kekeringan pada kulit. Produk perawatan lainnya yang sesuai untuk kulit kering adalah milk cleanser yang akan memberikan rasa lembab serta nyaman pada kulit.

4.Kulit Kombinasi

Ditandai dgn : Satu bagian berminyak sedangkan bagian lainnya kering. Bagian berminyak pada wajah sering terjadi di daerah T atau disebut dengan T zone, yaitu daerah hidung, dahi, dagu. Sedangkan bagian pipi dan area sekitar mata merupakan daerah yang cenderung kering.

Perawatan kulit kombinasi ini dapat dikatakan cukup sulit. Anda harus lebih berhati-hati dalam memilih produk pembersih.

5.Kulit Sensitif

Kulit sensitif akan lebih mudah terbakar sinar matahari, sensitif terhadap produk-produk kosmetik, dan mungkin juga terbakar atau pedih pada saat terkena angin, sinar matahari, dan pergantian musim atau cuaca yang ekstrem.

Menurut banyak ahli, produk perawatan kulit dengan bahan alami adalah pilihan yang paling tepat. Bahan-bahan alami akan menutrisi kulit dari dalam dan mengembalikan elastisitasnya. Sabun dan shower gel berbahan alami juga dianjurkan karena relatif bersahabat dengan beragam jenis kulit. Bisa juga menggunakan produk yang memang diformulasikan untuk kulit sensitive yaitu yang bersifat hypo-allergenic.

Jika Anda telah mengenali, maka Anda akan bijak memilih produk dan tentu yang sesuai dengan jenis kulit wajah Anda.


Know your skin by dr. Utari Stella Cosmetologist - Yensen Groupfb maret 21, 2012

You Might Also Like

0 comments